Selasa, 20 Maret 2012

Sreach Engine

SREACH ENGINE

Seiring berkembangnya dunia internet dan ada beberapa ungkapan “word is flat” ya, memang demikian yang semakin terasa saat ini, kebutuhan akan informasi dan kemudahan dalam mendapatkannya adalah sesuatu hal yang sangat prioritas, entah itu informasi berita teraktual atau informasi informasi lainnya, menyangkut semakin datarnya dunia ini, tentunya tidak bisa terlepas dari yang namanya sreach engine, ya sreach engine atau yang sering kita sebut mesin pencari, mungkin sudah tidak asing lagi bagi hal yang satu ini, bahkan anak SD sekalipun yang sudah menggunakan internet akan mengenal dan pernah mempergunakan mesin pencari ini, disini penulis akan mereview mengenai mesin pencari dari yang sudah raksasa seperti google dan beberapa mesin pencari buatan anak bangsa, beberapa komposisi tulisan yang akan penulis jabarkan sedikit adalah :
1.      Perbedaan dimasing masing mesin pencari
2.      Indexing dalam melakukan pencarian
3.      dan cara berpenghasilan yang didapat dari sreach engine itu sendiri.

Sekarang akan saya tulis mesin pencari yang berada diluar negri atau yang disebut non local, okay langsung saya..

Oke yang pertama mungkin seluruh pengguna internet sudah mengenal dan tidak asing lagi dengan mesin pencari ini, sebuah perusahaan raksasa dengan dominasinya didunia internet, siapa lagi kalau bukan google, ya google dengan kerelevanan dalam menyaring keyword yang kita Cari, berikut ini perbedaan indexing google dengan yahoo
Beberapa perbedaan Google Vs Yahoo dalam konteks indexing dan ranking, senagai berikut :
  1. Google lebih cepat dalam melakukan indeksing dibandingkan Yahoo. Hanya hitungan harian halaman web Anda sudah akan terindeks (harus memenuhi persyaratan Google tentunya).
  2. Untuk terindeks di Yahoo membutuhkan waktu 2-3 minggu.
  3. Google lebih sering melakukan REFRESH atau disebut juga sebagai “Google Dancing”. Artinya untuk mempertahankan posisi suatu situs web di urutan atas, Anda harus lebih banyak upaya untuk mempertahankannya.
  4. Pindah urutan di Google lebih sering dibandingkan di Yahoo
  5. Google tidak memperhatikan meta keywords, namun Yahoo masih melihat meta keywords.
  6. Mempertahankan urutan di Yahoo lebih mudah dibandingkan di Google.
  7. Google lebih menggunakan algoritma word sensitivedibandingkan Yahoo, misalnya bila Anda mengetikkan untuk frase “mug souvenir”; “mug sufenir”; “mug sovenir”; “mug sofenir”, maka hasil pencariannya tidak berubah.
  8. Yahoo support meta tag yang lain sedang Google tidak mempedulikan.
  9. Yahoo support frame sedang Google tidak.
  10. Google peduli dengan popularity suatu domain, sedangkan Yahoo tidak terlalu.
  11. Google peduli dengan quality incoming links, sedang Yahoo tidak terlalu.
Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya, yang mana merupakan sebuah faktor besar dari kesuksesan perusahaan ini. Pada Agustus 2007, Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan dengan saham pasaran sebanyak 53,6%, kemudian Yahoo! (19,9%) dan Live Search (12,9%). Google memiliki milyaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk, Pencarian Gambar, Google News, situs perbandingan harga Google Product Search, arsip Usenet interaktif Google Groups, Google Maps dan lainnya.

Tahun 2004, Google meluncurkan layanan email berbasis web gratisnya, disebut sebagai Gmail. Gmail memiliki fitur teknologi penyaringan spam dan kemampuan untuk menggunakan teknologi Google untuk mencari email. Layanan ini mendatangkan keuntungan dengan menampilkan iklan dari layanan AdWords yang dimasukkan dalam isi pesan email yang ditampilkan di layar.

Dan tentunya mesin pencari ini mendapatkan penghasilan dari iklah yang dipasang di mesin pencarinya, bahkan google adalah perusahaan yang berpartner dengan pengguna internet sebagai affiliater iklan PPC dan masih banyak yang lainnya produk dari google yang sangat luar biasa.

·                           MSN mesin pencari punya banyak inkarnasi, yang didukung oleh orang-orang seperti Inktomi dan Looksmart untuk beberapa tahun. Setelah membeli Inktomi Yahoo! Dan Overture jelas ke Microsoft bahwa mereka perlu mengembangkan produk pencarian mereka sendiri. Mereka meluncurkan preview teknologi mereka mesin pencari mereka sekitar Juli 1 2004. Mereka beralih dari Yahoo secara formal hasil pencarian organik untuk mereka sendiri dalam teknologi rumah di 31 Januari! 2005. MSN mengumumkan mereka membuang Yahoo! Program pencarian iklan pada 4 Mei 2006.
Indexing yang dilakukan
Menggunakan judul halaman deskriptif dan halaman konten berjalan jauh untuk membantu Anda mendapatkan peringkat di MSN. seperti
sebutkan nama asuransi + jenis + asuransi di situs yang tidak sangat otoritatif yang hanya memiliki beberapa contoh nama negara dan asuransi sebagai jangkar teks. Menambahkan kata kesehatan, kehidupan, dll kepada judul halaman membuat situs yang relevan untuk jenis-jenis asuransi, meskipun situs yang memiliki beberapa link berwibawa dan tidak ada jangkar teks yang relevan bagi mereka akan turun dari pringkat.Selain itu, halaman internal pada situs-situs seperti yang dapat peringkat yang baik untuk permintaan relevan hanya dengan menjadi hyper terfokus, tapi MSN drive untuk lalu lintas saat ini sedikit jika dibandingkan dengan Google.



Proses Pencarian

SMSN mungkin sedikit lebih baik dari Yahoo pada pengolahan query untuk makna bukan sebagai harfiah,! Tapi mereka belum sebaik Google dalam hal itu.
Sementara MSN menawarkan alat yang memperkirakan berapa halaman komersial atau pertanyaan kurangnya kemampuan untuk membedakan kualitas link dari link hasil kualitas rendah membuat mereka sangat bias terhadap hasil komersial.
Pendapatan mesin pencari MSN
Bayaran pencarian produk Microsoft, AdCenter , adalah platform pencarian yang paling maju iklan di web. Seperti Google, MSN peringkat iklan berdasarkan kedua maks tawaran harga dan tingkat iklan klik per tayang. Selain faktor-faktor relevansi MSN juga memungkinkan Anda untuk menempatkan tawaran disesuaikan berdasarkan rincian demografis. Sebagai contoh, memimpin hipotek dari orang tua kaya mungkin bernilai lebih dari sebuah pencarian yang sama dari orang yang lebih muda dan miskin.
Kelebihan MSN
Pada saat Microsoft untuk grafik pencarian web sudah tercemar dengan spam dan membeli link. Karena itu mereka tidak sebagus mesin pencari utama lainnya untuk membedakan antara kutipan organik nyata dan link yang berkualitas rendah. cari MSN bereaksi jauh lebih cepat daripada mesin lain pada situs-situs peringkat baru karena link ledakan. Situs dengan link kualitas relatif sedikit yang cukup mendapatkan link deskriptif dapat cepat mendapat peringkat di MSN.

·        BING
Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :
  1. Web untuk pencarian halaman situs atau website.
  2. Images untuk pencarian gambar.
  3. News untuk pencarian berita.
  4. xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Mesin pencari Bing yang beralamatkan di bing.com,adalah situs mesin pencari dari Microsoft yang sebelumnya bernama Live Search,Windows Live Search,dan MSN Search.Menurut data dari microsoft,biaya yang digunakan untuk membangun search engine ini menghabiskan dana jutaan dollar US.
Pada mesin pencari bing,kamu dapat melakukan pencarian layaknya menggunakan mesin pencari lain seperti google dan yahoo.Tetapi,walaupun tampilan search angine bing sedikit sama dengan google,belum tentu hasil pencarian yang ditampilkan sama.Jadi,link hasil pencarian yang muncul pada halaman pertama hasil pencarian di Google,belum tentu akan muncul pada halaman pertama di Bing.
Saat melakukan pencarian pada mesin pencari Bing,kamu dapat juga melakukan pencarian advance seperti pada mesin pencari lain.Kamu dapat memanfaatkan pencarian Advance pada Bing dengan meng-klik tulisan Advance yang terletak pada bagian bawah kotak pencarian.
Sama halnya dengan Google,hasil yang muncul dalam halaman pencarian Bing akan otomatis mempreview isi link atau  URL jika kita mengarahkan kursor mouse,letak hasil preview terletak pada bagian kanan halaman pencarian.Sedangkan pada bagian kiri hasil pencarian,kamu akan mendapati history yang tersimpan saat kamu melakukan pencarian dengan kata kunci pada kotak pencarian.
Fasilitas lain yang di suguhkan mesin pencari Bing untuk mempermudah pencarian dapat kamu peroleh dengan cara memilih tulisan “Bing at a glance” pada bagian bawah kotak pencarian.

·       GIGABLAST
Search engine yang menarik dengan banyak fitur, anda bisa melarang hasilpencarian ke situs tertentu, menambahkan fitur pencarian untuk situs anda danbanyak lagi.
Sejarah :
Gigablast adalah mesin pencari di Internet, didirikan pada 2000 oleh MattWells. Gigablast merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, setelah membuatsitus web Infoseek selama tiga tahun, Gigablast didirikan dengan tujuan untukmelakukan pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lainpada zamannya, namun menggunakan alat seminimum mungkin. Pada bulan Januari2005, mesin indeks dari Gigablast hampir memiliki satu miliar halaman web yangtelah terindeks, dengan hanya menggunakan biaya 8000 Dolar Amerika Serikat(kontra 8000000000 puluhan halaman dan bernilai jutaan peralatan untuk Google).
Keunggulan:

1. Tanggal pelapor (termasuk tanggal diindeks dan tanggal terakhir diubah)
2 Cached halaman dan link ke Wayback Machine
3 Termasuk PDF dan jenis file lain dan HTML versi cache dari jenis file lainnya
4 Tidak ada iklan

Kelemahan :

1 Kecil operasi dengan database lebih kecil sedikit daripada yang lain yangtidak selalu refresh sesering
2 Lacks pemotongan, kedekatan, dan fitur pencarian lanjutan.



Mesin pencari karya anak bangsa.

Setelah kita tahu mesin pencari raksasa didunia yang mendominasi dunia internet, sekarang saatnya kita berkenalan dengan mesin pencari buatan anak bangsa, karena sebenarnya masin pencari local pun tidak jauh beda dengan mesin pencari dunia, karna menggunakan algoritma pencarian yang hampir sama, baiklah yang pertama adalah :

  • SOLUSEE

Mencari informasi spesifik di search engine seperti Google atau Bing kadang menyulitkan. Situs lokal Solusee menawarkan hasil pencarian yang lebih relevan.
Solusee merupakan situs lokal yang dimotori oleh Sony AK, penggiat internet yang beberapa waktu lalu sempat mencuat gara-gara namanya.
Pencarian di Solusee mungkin tak akan memberi hasil sebanyak Google atau Bing, namun biasanya lebih tepat sasaran.
Misalnya, saat dicoba detikINET, Rabu (16/3/2011), dengan pencarian ‘pesan antar Pizza Hut’ di Solusee maka hasilnya adalah: Pizza Hut – Jakarta – order or delivery phone +622163850626. Bandingkan dengan Google yang akan menampilkan sekitar 96,500 hasil pencarian.
“Idenya sih karena kita capek dengan hasil search Google atau information provider lain yang terkadang less-relevant atau ada juga yang too-much information,” ujar Sony AK pada detikINET, Rabu (16/3/2011).
Solusee, yang beralamat di Solusee.com, menggunakan metode Hybrid Information Acquisition Mechanism alias HIAM dalam menghadirkan data-datanya.
Artinya, tutur Sony, sumber data yang digunakan Solusee merupakan gabungan dari data yang dicari sendiri dan data dari penyedia layanan lain. Misalnya, ia menjelaskan, ada data dari Urbanesia, Bukukuning detikcom, Yellow Pages dan lainnya.
“Proses mengumpulkan data adalah yg paling berat, karena bukan crawling, tapi masih semi-otomatis alias manual juga. Jadi misalnya kayak kemaren ada acara Mega Bazar Computer di JCC, jadi kami berburu banyak brosur, kartu nama dan lain lain. Karena di situ banyak informasi yang mau kita masukkan ke Solusee,” ujar Sony.
Ke depannya, Sony menuturkan Solusee berencana membuka Application Platform Interface (API). Harapannya ini akan membuka pintu bagi pengembang aplikasi BlackBerry, iPhone atau Android untuk memanfaatkan Solusee.
Selain itu, Sony juga mengaku ada rencana menambahkan fitur sosial di dalam Solusee. Ia tak mau merinci lebih jauh fitur apa itu, namun kemungkinan tidak akan berupa ‘pencarian data dari jejaring sosial’.
Sumber: detikInet

·         FINDTOYOU
Search engine atau mesin pencari adalah suatu program yang digunakan untuk mencari informasi apa saja di internet. Untuk mencari informasi tertentu dengan search engine, kita harus menjalankan search engine tersebut dengan program penjelajah internet yang sering disebut browser. Ada banyak jenis mesin pencari, demikian juga ada banyak sekali jenis browser. Saat ini Google adalah mesin pencari nomor satu, sedangkan jawara browsernya adalah Mozilla Firefox.
Saking terkenalnya Google ini, hingga timbul suatu istilah ‘googling’ untuk menyebut aktivitas mencari suatu informasi menggunakan Google. Kalau Anda perhatikan, tidak ada istilah Yahooing atau Binging. Padahal Yahoo dan Bing juga merupakan mesin pencari besar.
Sekitar setahun lalu, muncul search engine baru bernama Findtoyou, yang merupakan salah satu jenis mesin pencari (search engine) hasil karya anak bangsa.
Saya harus katakan pada satu sisi Findtoyou ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan search engine besar seperti Google, Yahoo, maupun Bing. Mengapa? Karena mesin pencari ini langsung memberi pilihan kepada user untuk memilih klasifikasi pencarian informasi. Jadi Anda langsung disuguhi jenis infomasi apa yang dibutuhkan, mulai music, video, images, software, ebook, document, powerpoint, excel, file sharing, torrent, hingga social networking seperti Facebook atau Tweeter.
Cara menggunakannya pun gampang. Anda tinggal melakukan klik pada klasifikasi informasi yang diinginkan. Misalnya saya ingin mencari ebook. Saya klik menu Ebook, lalu mengisikan kata kunci yang dikehendaki, misalnya Biology, lalu klik | Search |.
Hasil pencarian yang muncul merupakan link dimana Anda bisa mengunduh ebook yang berkaitan dengan kata kunci ‘’biology’. Hasil lain yang tidak ditampilkan bisa dibuka melalui page navigation bar yang terletak di bawah.
Jika ingin mendownload ebook The Frog Dissection Lab misalnya, tinggal klik pada link pada halaman hasil pencarian, dan akan langsung ditampilkan jendela baru untuk download file yang dimaksud, tanpa harus masuk ke situs aslinya. Jadi Findtoyou tidak menyimpan file yang Anda cari, melainkan memberi alamat link-nya saja.
Langkah yang sama bisa Anda lakukan untuk pencarian informasi yang dibutuhkan berdasarkan klasifikasinya.
Saya harus katakan ini adalah cara yang cerdas. Cara ini sekaligus mempermudah dan mempercepat pencarian, dan hebatnya langsung menampilkan menu untuk mendownload file yang kita butuhkan. Fitur seperti ini tidak akan didapati pada Google, Yahoo, maupun Bing.
Tahukah Anda, apa implementasi dari penggunaan Findtoyou ini? Yah, para penggila informasi mulai dari pelajar, akademisi, hingga penggila mp3 maupun software mania seperti saya akan lebih cepat dan lebih gampang mencari file atau informasi yang dibutuhkan.

·       Basigi

·                     Basigi adalah nama search engine baru yang beralamat di basigi.com. Mesin pencari ini menurut saya memiliki banyak keunikan,pada home-page basigi yang menyediakan link/taut statistik yang gunanya untuk menunjukan pemakai pada kata kunci (keyword) yang paling populer, kategori terpopuler, dan juga presentase pencarian.

Di basigi itu juga ada informasi real-time yang sekarang sedang menjadi trend di mesin pencari lain, beserta kata kunci serta konten yang berhubungan dengan yang kita cara dengan suatu keyword.

Dan selidik punya selidik ternyata basigi.com ini adalah search engine milik detik.com, tapi nampaknya saat ini belum terlalu fokus untuk dikembangkan, entah apa alasannya, apa kekurangan modal atau memang merupakan bagian rencana jangka panjang untuk keperluan bisnis dipasar internet lokal.

Terobosan seperti ini memang bagus seperti yang dilakukan NowGoogle yang memadukan multiple search engine popular itu, jika si basigi ini mau berorientasi pada keyword populer, menurut saya bisa banyak membantu bagi para blogger untuk mencari keyword lokal yang sedang populer sehingga mendukung teknik seo terbaik untuk para blogger / webmaster, hehe.

Mungkin masih banyak mesin pencari yang lainnya, dan mempunyai banyak kelebihan dan kekurangannya masing masing. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar